kerja atau kuliah

Lulus Kuliah enakan Kerja atau Usaha

Saat lulus kuliah, tentunya semua ingin dapat bekerja diperusahaan besar dan ternama, dengan gaji yang cukup besar. Tetapi saat kuliah juga sudah diajarkan bagaimana menjadi seorang entrepreneur. Dengan demikian kenapa juga saat lulus tidak langsung aja jadi seorang pengusaha.

Jika seorang yang baru lulus kuliah langsung menjadi pengusaha dan terjun di dunia usaha, tentunya hal tersebut tidak akan mudah dikarenakan seorang pengusaha dibutuhkan:

  • mental yang kuat
  • modal yang cukup
  • manajerial yang baik

Mental yang kuat.
Seorang pengusaha diperlukan mental yang kuat dikarenakan dalam  dunia bisnis banyak sekali tantangan yang dihadapi. Contoh, saat berusaha terkadang terdapat untung dan rugi. Pada saat rugi, sipengusaha harus kuat menerima keadaan tersebut jangan putus asa dan harus terus bangkit. Belum lagi bicara persaingan bisnis yang mungkin dapat menghacurkan usaha tersebut.

Modal yang cukup
Selain modal awal yang diserahkan diawal untuk dijadikan modal berusaha seperti membeli asset, membeli bahan baku, dan sebagainya, modal juga dibutuhkan pada saat kita mengalami kerugian. Karena saat kita gagal atau merugi tentunya tidak 100 persen modal yang kita keluarkan bisa kembali semuanya, disaat ini diperlukannya lagi suntikan dana untuk dapat menyokong usaha agar kembali lagi bangkit dan menghasilkan profit seperti yang ditargetkan semula.

Manajerial yang baik
Pengusaha yang maju tentunya mempunyai kemampuan manajerial yang baik, dia mampu mengelola perusahaannya secara baik dan benar serta mempunyai pencatatan yang rapih. Dengan kemapuan tersebut si pengusaha bisa mempunyai rencana target penjualannya, mengatur struktur organisasi perusahaan agar bekerja sesuai dengan fungsinya, serta mengontrol semuanya agar sesuai dengan rencana.

 

Saat seorang mahasiswa yang baru lulus kuliah, tentunya ia masih minim akan ketiga hal diatas. Mental seorang mahasiswa lebih terbiasa dengan menerima tugas yang diberikan dosen, sehingga saat lulus akan terbiasa menerima perintah dari atasan untuk dikerjakan. Belum lagi bicara gagal atau rugi, terkadang mahasiswa cepat berhenti dan meninggalkan usaha yang sedang digeluti untuk mencari bidang usaha baru.

Kemampuan modal seorang mahasiswa tentunya tidak mampu untuk dijadikan usaha, kecuali orang tua si mahasiswa tersebut adalah orang kaya yang dapat memberikan suntikan dana untuk modal. Selain modal secara finansial modal knowledge juga diperlukan disini, seperti pengetahuan tentang produk barang, pengetahuan tentang vendor barang baku, hukum – hukum yang berlaku dalam dunia usaha, dan seterusnya.

Kemampuan manajerial juga tidak hanya didapat dari pendidikan formal saja, tetapi dari pengalaman kerja juga bisa diperoleh.

Untuk itu kesimpulannya adalah seroang mahasiswa lebih baik ikut bekerja dulu menjadi karyawan dan berubah menjadi seorang pengusaha disaat kita telah mempunyai:

  • mental yang kuat
  • modal yang cukup
  • manajerial yang baik

One thought on “Lulus Kuliah enakan Kerja atau Usaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>