Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan

Saat kita berwirausaha dan memerlukan beberapa karyawan untuk membantu bisnis kita, maka diperlukan struktur organisasi. Struktur organisasi tersebut diperlukan untuk membentuk rantai komando dan tanggung jawab terhadap bagian dari pekerjaannya.
Secara sederhana Struktur Organisasi Perusahaan dapat dibuat seperti ini:

– Direktur

- Manajer Operasional

- Staff Operasional

- Manajer Marketing

- Staff Marketing

- Manajer Keuangan dan Umum

-Staff Keuangan dan Umum

 

Pada struktur ini Direktur hanya satu dan membawahi tiga buah bagian atau divisi yang menurut saya sangat mendasar yaitu divisi Operasional, divisi Marketing, dan divisi Keuangan dan Umum. Setiap masing-masing divisi dijabat oleh Seorang Manajer.

Pada Divisi Operasional, adalah divisi yang bertanggung jawab atas produksi barang atau jasa perusahaan tersebut. Mulai dari membeli barang baku, proses pengolahan dan hasil akhir adalah bagian dari divisi ini.

Pada Divisi Marketing, adalah divisi yang bertanggung jawab pada promosi dan pencarian klien buat perusahaan.

Divisi Keuangan dan umum, adalah divisi yang menangani pencatatan keluar masuknya duit perusahaan, pelaporan pajak, mengurusi kontrak kerja pegawai, manajemen file, dan sebagainya.

 

Jika perusahaan sudah besar dan pegawainya sudah banyak, maka sturuktur organisasi perusahaan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, yang penting perlu diingat adalah efisiensi atas jumlah orang dengan tanggung jawabnya rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>