Belajar Online menghabiskan Kuota Internet pt.1

Semenjak penyebaran Virus Covid-19 ini telah sangat luas, dan Pemerintah menetapkan Karantina Wilayah yang sangat longgar yang lebih di kenal dengan nama PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dengan ada nya PSBB maka kegiatan masyarakat sangat di batasi, terutama kegiatan yang akan membuat orang berkumpul dalam satu tempat sangat banyak seperti resepsi perkawainan, konser musik, beribadah di rumah ibadah, pusat perbelanjaan, dan juga Sekolahan. Karena kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung dilarang untuk sementara waktu, maka metode belajar mengajar nya menggunakan tatap muka jarak jauh dengan menggunakan daring (Internet).

Mulai dari kegiatan belajar, mengumpulkan pekerjaan rumah, ulangan , ujian serta kenaikan kelas atau kelulusan sekarang dilakukan secara online. Dengan banyak nya kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara Online berdampak terhadap pemakaian Internet. Banyak orang menyediakan budget untuk kuota internet perbulan hanya 1-2GB saja, karena di siang hari mereka sibuk bekerja dan malam hari untuk istirahat, tidak mempunyai waktu untuk browsing-browsing hal lain seperti Facebook, Instagram , Youtube ataupun Tiktok.

Bagi para Milenial, tentunya hidup mereka tidak lepas dari aplikasi sosial paling hits disaat ini seperti yang di sebutukan pada akhir paragraf sebelum nya. Agar tetap dapat browsing aplikasi tersebut selama sebulan dibutuhkan kuota internet diatas 30GB sebulan, karena dengan rata-rata 1 hari menghabiskan 1GB data sudah menjadi kebiasaan mereka. Setelah kegiatan belajar – mengajar online di terapkan, kebutuhan akan paket data menjadi meningkat.

Aplikasi yang saat ini sering di pakai untuk kegiatan belajar ataupun meeting oleh banyak orang, adalah Zoom, Teams, Meet dan Skype. Dari ke empat ini yang mempunyai Bandwith frekuensi nya paling kecil adalah Zoom. Bandwith yang dibutuhkan oleh aplikasi zoom sangat kecil, yaitu sekitar 700kbps, maka jumlah data yang dihabiskan tentunya akan menjadi lebih sedikit di bandingkan dengan ketiga yang lain.

Besaran data yang dihabiskan oleh Zoom dalam 1 Jam online berkisar antara 500MB hingga 2,5 GB. Jumlah banyak nya data yang di habiskan oleh zoom tergantung dari beberapa parameter:
1. Resolusi Video yang di tonton dan di upload, jika semakin tinggi resolusi nya maka data yang di habiskan cukup banyak;
2. Tampilan saat aplikasi di pasang, full screen menampilkan 1 host/ pembicara akan memakai data yang lebih sedikit dibandingkan dengan menampilan view multi screen;
3. Background animasi , jika memakan background costumize, seperti menggunakan Video, maka data yang di habiskan juga akan bertambah.

Dikutip dari halaman https://www.whistleout.com/Internet/Guides/zoom-video-call-data-use
mereka telah melakukan riset dan ini adalah hasil nya:

Sekarang jika kita kalkulasikan dengan menggunakan HP dan resolusi standar1 jam kita butuh sekitar 500MB data, dan jika belajar online sehari bisa sampai 4 jam , berarti dalam satu hari kita membutuhkan kuota data sebesar 2GB. Dalam seminggu ada 5 hari dan dalam 1 bulan ada 4 minggu, jadi total pemakaian data dalam sebulan sebesar 40 GB. Bagaimana jika kita menggunakan Laptop atau PC dengan tampilan full HD 1080, maka akan di dapatkan 2GB perjam dan total bisa sampai 200GB pemakaian data dalam sebulan dengan menggunakan ilustrasi pemakaian data pada belajar online seperti diatas.

bersambung ke pt.2 , selanjutnya bagaimana kita mensiasati pemakain data dalam belajar online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *