Belajar Online menghabiskan Kuota Internet pt.2

Sebelum nya kita telah menghitung berapa banyak kuota data yang kita butuhkan untuk belajar online dengan menggunakan aplikasi zoom, lalu pada tulisan ini kita akan melanjutkan bagaimana mensiasati pemakaian zoom agar bisa hemat data jika kita mempunyai kuota data yang terbatas. Beberapa operator seluler di Indonesia memberikan paket free untuk akses ke aplikasi / web Ruang Guru, Ilmu Pedia, dan sebagainya , tentu nya hal ini cukup membantu siswa dalam melakukan belajar online.

Kembali ke pada kelas Online, kebanyakan orang menggunakan aplikasi zoom untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Zoom di pilih karena penggunaan data nya lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi virtual meeting yang lainnya, hal ini sudah kita bahas pada tulisan sebelum nya. Lalu bagaimana jika kita saat ini sedang dalam keadaan sulit karena pandemi Covid-19 , budget untuk membeli kuota internet sangat terbatas dan juga kegiatan belajar mengajar harus juga tetap jalan.

Pertama adalah mengatur resolusi pada aplikasi zoom nya, hal ini hanya ada pada aplikasi zoom dengan menggunakan PC atau Laptop. Dengan begini, video yang di kirimkan dari PC kita dikirim dengan resolusi standar. Untuk di HP tidak ada fitur ini, karena ukuran layar hape cukup kecil, dengan resolusi standar sudah dapat dilihat dengan jelas. dan juga aplikasi zoom sendiri akan menyesuaikan video streaming kita sesuai dengan jaringan internet provider yang kita pakai. Sering kita rasakan pada saat sinyal lagi tidak bagus, resolusi video yang di tampilkan menjadi rendah, tetapi proses video conference nya masih tetap jalan.

klik di icon setting pada pojok kanan atas
centang pada Enable HD nya di off kan

Kedua, Penggunaan virtual background bisa kita non aktifkan agar dapat menghemat kuota data yang kita upload saat video conference berlangsung. Fitur ini juga hanya ada di aplikasi zoom yang menggunakan PC. Bisa kita lihat pada pic di atas, dimana latar belakang nya di ganti dengan aliran air terjen dan sungai yang bergerak.

Ketiga, Jika memungkinkan , kita bisa menonaktifkan Video kita (mematikan broadcast dari webcam/camera) sehingga dengan begini tidak ada video yang diupstream ke aplikasi zoom. Hal ini cukup ampuh, karena bisa menghemat separuh kuota data yang dibutuhkan saat kita melakukan zoom meeting.

Keempat. saat tidak berbicara mematikan mic kita. Disisi lain , mematikan mic bisa membuat acara pertemuan kita menjadi kondusif, tidak terdengar suara-suara yang berisik dari luar, yang dapat menggangu saat Host sedang bicara.

Kelima, pada layar hanya menampilkan 1 video hostnya saja , jangan menampilkan galery view dimana akan tampak thumbnail video-video dari peserta zoom yang lain. Karena menampilkan thumbnail peserta yang lain sangat memakan bandwith kuota. Hal ini akan terasa pada saat kita berada di jaringan yang tidak terlalu baik, saat menampilkan hanya 1 video host, tampilan berjalan normal, tetapi saat kita melihat thumbnail beberapa video, maka video host yang full screen akan tampak seperti turun resolusi nya ataupun menjadi patah-patah.

membuka banyak thumbnail akan menambah pemakaian kuota

Demikian beberapa cara agar aplikasi meeting online tidak menghabisi kuota internet secara cepat, apapun aplikasi nya langkah-langkah di atas bisa di terapkan sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *