“BUMI” CIDENG GO GREEN

BUMI “generasi tropis agraris”, adalah produk dari PT. Vistari Matra Cipta (PT. VMC). BUMI Free Magazine (Majalah Gratis), lahir pertama dari rangkaian program PT. VMC untuk mempelopori gerakan penyebaran informasi dan pengetahuan tentang kekayaan Bumi Indonesia dan semua potensi untuk mengembangkannya. Penerbitan perdananya telah didistribusikan ke beberapa Kantor Dinas, Kementerian, Pemerintahan, dan beberapa titik-titik strategis di wilayah Jabodetabek, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makasar, Lampung sampai Sumatera Utara.

Tak lama setelah itu, PT. VMC membentuk BUMI Event Organizer. Berfungsi untuk memediasi antara Pengusaha, Pemerintah dan Masyarakat untuk menuju aksi yang lebih nyata dalam menciptakan “Generasi Tropis Agraris”. Pada event kali ini yang berlangsung di Jalan Raya Cideng Barat, Jakarta Pusat, Minggu 17 Juli 2011, BUMI bersama Karang Taruna Kecamatan Gambir mengadakan aksi embrio dari program penanaman 1000 pohon yang rencananya akan diselenggarakan secara simultan di berbagai Kota.

Pada acara ini, BUMI mengadakan penanaman pohon, pemberian pohon untuk RW se-Kelurahan Cideng, Fun Bike, Pagelaran Seni Pencak Silat, Musik Hiburan, Pengundian Doorprize dan Bazaar. Yang intinya adalah menumbuhkan kepedulian pada Lingkungan, peningkatan Pemberdayaan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga . Dibanjiri oleh ribuan pengunjung, peserta bazaar pun dapat tersenyum. “Alhamdulillah, dagangan kami laris manis. Semoga Bumi dapat terus mengadakan event seperti ini” ujar Ibu Erny Ningsih yang pada hari itu berjualan produk minuman unik yaitu Wornas (Jus Wortel dan Nanas).

Alhamdulillah walau pengunjung memenuhi seluruh area hiburan dan bazaar, namun Panitia terkesan gesit dalam mengendalikan lalu lintas, keamanan dan ketertiban pada seluruh acara. Para pengendara yang melewati pun tampak senang karena mendapat majalah gratis yang dibagi-bagikan oleh Panitia. Acara ini mendapat dukungan penuh pula dari Pemerintahan setempat, dimulai dari lingkup terkecil yaitu RT dan RW. Dimana Dadang Suherman Ketua RW. 01 Kel. Cideng bersama Arifin Hoesein Ketua LMK RW. 01 Kelurahan Cideng selaku tuan rumah ikut menemani Panitia menyiapkan acara sampai pagi.

 

Juga dukungan dari Lurah Cideng, Hj. Siti Nurbaiti, S.Sos, MSi yang selalu setia menemani Panitia dalam rapat sampai kedalam Tingkat Pemerintah Walikota Jakarta Pusat. Sudin Sosial, Sudin Pertamanan, Sudin Peternakan dan Pertanian, Pol PP sampai Polres Jakarta Pusat pun menyertakan dukungannya dengan cara bermacam, ada yang memberikan bantuan materiil, bantuan pohon, pengerahan anggotanya ke lapangan sampai kepada bimbingan yang bersifat teknis.

 

Acara dibuka oleh Wakil Camat Gambir, Bpk. Deden A. Suryana, S.Sos, yang dilanjutkan dengan pelepasan peserta fun bike, penanaman pohon dan pemberian pohon secara simbolis kepada RW se-Kelurahan Cideng. Sekitar 100 sepeda ikut meramaikan acara fun bike yang berjalan tertib melalui rute mengelilingi Kali Cideng. Dan peserta bazaar yang sekitar 100-an pun ramai berjualan produk2 unik dan beraneka ragam. Dari mulai makanan khas daerah, internasional sampai minuman sehat. Dari mulai tanaman hias, Sepeda Motor, pernak pernik, hasil kerajinan tangan penghuni Lapas, sampai ke komidi putar. Peserta Fun Bike-pun dengan sabar menunggu nomor undiannya dipanggil untuk mendapatkan grand doorprize sebuah sepeda.

Yang tak kalah penting, pada event ini Panitia BUMI bersama Karang Taruna Kecamatan Gambir menciptakan rekor tersendiri dalam pembentukkan kepanitiaannya. BUMI Cideng Go Green didukung dan disukseskan oleh kepanitiaan seluruh unsur Ormas yang berada di Wilayah Kelurahan Cideng. Tercatat sekitar 10 orang perwakilan per masing-masing unsur Ormas tergabung dalam Kepanitiaannya, seperti BPPKB Banten (Badan Pengembangan Potensi Keluarga Besar Banten), Forkabi (Forum Komunikasi Anak Betawi Asli), FBR (Forum Betawi Rempug), FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri), PP (Pemuda Pancasila), KBPPP ( Keluarga Besar Putra Putri Polri ) dan FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat). Seluruh ormas ini solid bekerjasama, bahu membahu tanpa memandang perbedaan organisasi. Mereka mempunyai misi yang sama, berbaju yang sama, berbaju “Generasi Tropis Agraris” yang cinta Bumi Indonesia dan semangat membangun potensi kepemudaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *