Perusahaan Maju vs Perusahaan Berkembang

Suatu hari, teman kantor ku masuk… terus dia bertanya kepada ku, “Apa perbedaan perusahaan maju dengan perusahaan berkembang, atau apa bedanya negara maju dengan negara berkembang?”

Hening sebentar untuk aku berpikir, lalu aku jawab bingung…

Kemudian dia langsung menjawab, perusahaan maju adalah perusahaan yang sudah bisa membuat produk yang dibutuhkan oleh pasar sedangkan perusahaan berkembang hanya membuat produk apa yang dibutuhkan oleh pembelinya (Jasa atau made by order).

Selanjutnya dia mencotohkan perusahaan Maju mempunyai produk, seperti Astra, Indofood, Unilever, serta beberapa perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai mass produk. Sedangkan perusahaan-perusahaan berkembang dicontohkan olehnya dengan berbagai-berbagai perusahaan yang masih mebuat pesanan made by order atau perusahaan Jasa. Menurut teman ku, analogi berikutnya adalah dilihat dari negara-negara maju adalah negara-negara yang mempunyai produksi barang yang sudah dibutuhkan pasar sedangkan negara berkembang seperti indonesia hanya menjadi jasa untuk barang impor lalu dipacking kemudian di jual lagi kepasar baik lokal maupun internasional.

Atas analogi tersebut aku membantah, bagaimana bisa perusahaan jasa bukanlah atau tidak bisa dibilang perusahaan Maju, dan bagaimana bisa perusahaan besar yang membuat made by order tidak bisa dibilang perusahaan maju malah digolongkan kedalam perusahaan berkembang.

Menurut ku, menilai sebuah perusahaan maju itu dilihat dari:

  1. Usia Perusahaan
  2. Peraturan perusahaan , manajemen ISO yang diterapkan
  3. Penggunaan tools yang modern dalam menjalankan produksinya

Jadi sebuah perusahaan bisa dianggap perusahaan maju apa bila perusahaan tersebut sudah lama berdiri dan sudah mempunyai establishment yang kuat dalam berusaha, mempunyai pendapatan yang stabil dan penggunaan alat-alat yang modern dalam memproduksi usahanya. Perusahaan Maju juga menerepkan peraturan-peraturan yang modern seperti standar ISO Manajemen, Manajemen SDM dengan kualitas karyawannya yang baik sehingga perusahaan dapat bekerja secara efektif sesuai dengan target perusahaan. Jika sebuah perusaan yang sudah lama berdiri tetapi secara pendapatan masih flutuatif dan tidak menerepkan alat-alat yang modern dan manajemen masih belum baik maka perusahaan tersebut bukanlan sebuah perusahaan yang maju.

Sedangkan ciri perusahaan berkembang bisa dilihat dari:

  1. Usia perusahaan yang masih baru
  2. Pendapatan terus berkembang atau meningkat
  3. Manajemen perusahaan yang mulai meningkat dan semakin effisiensi

Perusahaan yang berkembang adalah perusahaan yang mempunyai usianya masih belia tetapi perusahaan tersebut mempunyai pendapatan yang terus meningkat serta kebutuhan akan jumlah SDM juga semakin meningkat seiring dengan pertambahannya jumlah produksi perusahaan.

Ilustrasi sederhana dari perkembangan perusahaan

Jika dibilang perusahaan yang memproduksi usahanya made by order atau perusahaan Jasa bukanlah perusahaan maju, maka saya akan memberikan beberapa contoh perusahaan tersebut yang tergolong perusahaan maju.

untuk perusahaan Jasa: E&Y, PWC, Walt Disney, Blue Bird, Perusahaan Telco (operator telp)
untuk perusahaan made by order: PP (kontraktor),

Jadi untuk permasalahan Bidang Usaha apakah dia mau bergerak dibidang jasa atau menjual barang, adalah memang jenis usaha yang akan digelutinya dan tidak ada hubungannya dengan jenis usaha tersebut akan menentukan dia tergolong perusahaan maju atau perusahaan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *