Apa itu Orang Sukses

Beberapa waktu yang lalu di salah satu milis yang saya ikuti sedang ramai dibicarakan mengenai bagaimana menilai atau mengkatagorikan orang tersebut tergolong orang sukses atau tidak.

Secara sederhana menerut saya orang sukses adalah “Orang yang mecapai tujuan tertentu dan pencapaian mereka diakui oleh dirinya sendiri dan orang banyak”, terlepas dari baik buruknya kehidupan orang tersebut serta latar belakang silsilah hidup keluarga dan lingkungannya. Bisa jadi orang tersebut adalah orang sukses yang diakui oleh lingkungan tertentu tetapi dilingkungan yang lain hasil atau karyanya tidak diakui maka dia dilingkungan tersebut bukan lah orang sukses.

sebagai contoh:

  1. Seorang Pejabat mulai dari jabatan Kepala Staff hingga Presiden (meskipun anaknya ga karukaruan, org tersebut korupsi, punya simpanan), jika posisinya sudah diakui oleh dirinya dan masyarakat disekitarnya, maka dia dianggap orang sukses, karna berhasil mencapai posisi tersebut.
  2. Seorang Seniman (penyanyi, pelukis, penulis, dsb nya) jika dia sudah punya karya-karya yang diakui oleh masyarakat maka dia pun dianggap sukses, contoh seperti ariel (noah) meskipun dia sudah punya nilai buruk akan film pornonya (hayoo siapa yang udah nonton ngaku…) tetapi karya nya tetap diakui dan oleh masyarakat dan setelah kembali ke dunia seni nya dia masih diakui.
  3. Seorang wiraswasta (yg kadang2 duitnya banyak, kadang2 utangnya banyak) tetapi pada titik ini dia sudah dianggap sukses dikarenakan dia telah mencapai posisi tersebut dan orang-orang disekitarnya mengakui akan posisinya dan hebatnya lagi dia dapat bertahan disaat terpuruk hingga bisa berusaha lagi (ini lah dunia, kadang diatas – kadang dibawah).
  4. seorang yang sukses karena warisan melanjutkan usaha org tua, saya rasa dia masih dianggap org sukses.. jika dia masih bisa mempertahankan (lebih baik lagi mengembangkan) usaha yang sudah dirintis keluarganya, jika dia tidak bisa mempertahankan dan menjadi bangkrut berarti dia bukan orang sukses.
  5. Seorang Ilmuwan, dia bisa dianggap sukses jika dia mempunyai penemuan2 yang dapat berguna bagi dia dan masyarakat, meskipun tuh ilmuwan ga makan setahun terus keluarganya berantakan karena dia sibuk melakukan penelitian.
  6. Mungkin ada seorang sopir taxi, yang kerja tiap hari lebih dari 18 jam dijalanan jakarta yang macet tetapi dia terus berusaha mencari rezeki untuk menghidupi keluarganya sehingga anak2nya bisa lulus kuliah dan berhasil, maka sopir taxi ini termasuk orang sukses yang berhasil mendidik dan menyekolahkan anaknya hingga lulus kuliah.

Demikianlah menurut saya bagaimana menilai sebuah kesuksesan tersebut. Sukses merupakan sebuah penghargaan atas sesuatu dari bagaimana cara kita memandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *