WordPress Admin Panel error setelah merubah Site Language

Setelah lama tidak mengupdate Blog ini, kembali di kutak kutik admin panel nya. Lanjut dengan Update sana sini mulai dari update wordpress engine nya hinggap update plugin-plugin.

Setelah selesai update, kembali melihat lihat apa yang berubah dari isi menu yang ada di sidebar. Klik – klik, setelah beberapa klik, sampailah pada menu Settings.
Disini pada bagian paling bawah, ada opsi untuk memilih site language. Karena saya orang Indonesai, iseng klik untuk mengganti bahasa menjadi bahasa Indonesia. Setelah di ganti, mulai terasa tampilan dari admin panel ada yang aneh.

Di klik di dashboard menu, tidak menampilkan page apa2, hanya blank putih. selanjutnya mulai klik klik menu di sidebar tersebut, ternyata beberapa menu tidak menampilkan apa2 hanya blank putih. Dicoba dengan ganti browser, masih juga tidak ada perubahan. Kembali ke menu setting untuk merubah kembali ke Bahasa Inggris, dan ternyata setelah di klik menu site language pada bagian paling bawah sudah tidak ada.

Lalu mulai setengah panik dan berpikir mencari solusi, selanjut nya kepikiran untuk mencoba dari browser yang berbeda, tetapi hasil nya tetap sama juga. Berpikir lebih keras lagi hingga coba mengakses lewat CPanel, mencari-cari cara merubah langsung dari edit file html atau file php nya.
Pelan pelan semua bagian file dibaca dan dicari dimana bagian site language yang bisa di edit, dibantu dengan browsing agar lebih tepat sasaran, ternyata buntu juga.

ternyata setelah di perhatikan folder folder ini, pada folder wpcontent terdapat penambahan berupa folder yang bernama site language. Dengan niat nekat dan sudah ngantuk, berpikir resiko paling parah nya kalo nanti kenapa kenapa ya di install ulang aj, maka folder tersebut saya coba untuk mendelete nya.

Setelah di delete, ternyata admin panel kembali normal. Semua menu yang jika di klik hanya blank page saja, telah kembali normal.

Berikut langkah langkah nya.

  1. Login ke cpanel dari hosting tempat kita menyewa
  2. Cari bagian Files
  3. Klik pada icon File Manager
  4. Pilih webroot folder
  5. Setelah di klik akan tampil isi file-file dan folder dari folder root
  6. selanjutnya klik folder wp-content
  7. didalam folder wp content, cari folder yang bertuliskan Langunge
  8. setelah ketemu, delete aja langsung folder tersebut
  9. selesai, cpanel bisa ditutup kembali (logout)
  10. Dan admin panel pada wordpress telah normal kembali
  11. Setelah normal, coba kembali di install ulang wordpress nya.
  12. Kalo masalahnya kembali lagi, cek kembali di folder wp-content nya, siapa tau tuh folder language balik lagi. Kalo folder language nya ada kembali, langsung aja di delete.

Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang mempunyai masalah yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *