Membuat Drone dari Barang Bekas pt.1

Di awal Juli 2020 ini , kita di ramaikan dengan berita seorang anak sekolah di salah satu daerah di pulau Jawa mampu membuat drone dari barang-barang bekas, dimana dia menunjukan menggunakan barang-barang bekas dari remote-remote TV usang. Beberapa stasiun mulai mengabarkan bagaimana anak tersebut membuat drone dan menjelaskan bagaimana fungsi nya. Salah satu fungsi utama nya adalah sebagai alat komunikasi jika terjadi bencana alam dari lokasi yang hilang sinyal (blank spot) ke lokasi lainnya.

Berikut cuplikan berita nya:

berita di ambil dari youtube channel Official INews

Disini saya tidak akan mebahas keleguan anak tersebut dalam membuat drone yang dia ciptakan, kita tidak akan mengolok-olok atau menghina apalagi menghujat. Sebisa mungkin jika ada teman-teman yang mempunyai ilmu lebih, bisa bantu di sharing kepada beliau, karena di usia yang sangat muda dia sudah mempunyai mimpi untuk bisa menciptakan sesuatu yang dapat berguna bagi orang banyak dan apalagi dalam keadaan darurat.

Kita coba membahas, apakah mungkin membuat drone dari barang-barang bekas seperti yang anak tersebut buat?

Mari pertama-tama kita breakdown kebutuhan-kebutuhan untuk membuat drone, secara umum :

  1. Body / Frame
  2. Motor / Dinamo
  3. Propeller / Baling-baling
  4. Flight Control + Remote Control
  5. Battery + Power distribution board
Diagram gambar sederhana membuat Drone (Quadcopter)

Bagian pertama adalah Frame atau body, bagian ini adalah tempat dimana semua komponen-komponen drone diletakan. Anak tersebut mengatakan membuat body dari kumpulan plastik-plastik sisa remote tv dan sebagai nya, hal ini bisa saja dibuat. tetapi untuk membuat body seperti ukuran yang dimaksud dan mempunyai kekerasan tertentu agar kokoh tentu nya tidak sedikit bahan baku bekas remote tv yang di butuhkan. Selain itu di perlukan juga teknik dan alat pembakaran yang tepat agar bahan baku plastik-plastik yang di lelehkan tetap mencair dan bisa di tuang kedalam cetakan dan mengeras dengan baik. Dibawah ini teknik melelehkan plastik:

video dari youtube channer gto hp

agar drone dapat terbang dengan baik , tentu nya di butuhkan body yang baik dan seimbang, serta bodi yang ringan tetapi kuat. Dari Video berita di awal, silahkan teman-teman lihat sendiri body drone yang digunakan, apakah dibuat dari barang bekas lalu di lelehkan, dan di cetak kembali atau body drone cetakan pabrik?

Teman teman bisa search di kolom ini untuk body drone dengan keyword “body drone”

Berikut nya setelah ada body / frame drone, kita membutuhkan motor / dinamo. Ini adalah bagian yang menggerakan drone agar bisa terbang, jadi diperlukan motor yang sesuai dengan kebutuhan. Pada Video anak yang membuat drone dari barang bekas, dia tidak menyebutkan tipe motor yang di pakai, karena beda tipe beda penggunaan dan beda ukuran. Jadi kita asumsikan saja dia membeli motor yang baru karena kalo pakai motor dari barang bekas, sangat riskan. Putaran motor harus punya kecepatan yang sama dan stabil, dan jikalau dia memakai barang bekas di takutkan nanti putarannya diantara ke empat motor tidak sama, bisa membuat drone jadi susah di kendalikan.

Pasangan dari Motor adalah propeller nya (baling-baling) nah jika kita menggunakan barang bekas dengan melelehkan plastik, bisa juga… yang penting moldinya pas jadi ukuran baling-baling nya sama.
Atau bisa juga di beli satu paket, Motor dan Propeller nya.. ini lebih aman untuk di gunakan buat drone.

Bersambung…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *