Review Internet Provider MyRepublic

Akhir tahun 2019 kemarin kita memutuskan untuk mengganti provider internet. Memakai Biznet dari Des 2012 sampai Des 2019, berarti sudah 7 tahun. Sebelum Des 2019 kita sudah sering komplain sama Bizent mengenai penurunan speed , dan beberapa kendala yang terjadi. Sadar karena kita berlangganan paket yang paling murah, berarti speed nya juga ga cepet2 amat, kalo ga salah waktu itu kita langganan yang 50Mbps. dan masih memakai kabel Coaxial.

Pada saat ini provider Internet sudah mulai menawarkan paket koneksi dengan Fiber, seperti Telkom Speedy, MyRepublic, Oxygen, dan Biznet itu sendiri. Tetapi sewaktu kita minta di upgrade ke Fiber, Call center Biznet bilang area kita belum tercover oleh jalur Fiber. Akhirnya akhir Nov 2019 kita mulai cari2 provider Internet dengan koneksi Fiber.

Berapa parameter yang kita jadikan bahan pertimbangan adalah :

  1. Harga
  2. Kecepatan yang di berikan
  3. Diskon

Akhirnya pilihan jatuh kepada MyRepublic dan mengambil paket Gamer 150Mbps 1:1 , mengingat kita punya PS 4 yang aktif juga PSN dan PS+ nya, seperti nya paket ini cocok. Harga langganan paket ini Rp. 600.000 sebulan (kurang 1.000 rupiah) , tetapi karena kita bayarnya 1 tahun jadi hanya membayar 8x (dapat diskon 4bulan) . Jadi total pembayaran untuk setahun adalah “

Terima kasih atas pembayaran tagihan MyRepublic bulan Desember Anda, sebesar Rp. 4.792.000,00 yang kami terima pada 27 Desember 2019 melalui Rintis Tokopedia

Dengan biaya total Rp. 4.792.000,- dibagi 12 maka di dapat biaya per bulan nya hanya Rp. 399.333,- , kalo di hitung-hitung, lumayan banget dengan modal 400.000 sebulan, dapat speed 150mbps plus dapat IP publik. Setelah aktif, mau nonton Youtube 4K udah ga pakai ngadat lagi. Hehehehe…

Untuk speed yang di dapat, kita coba pakai speedtest.net didapat :

Ini di test saat jam 4 sore, traffic lagi naik turun.

Dari hasil tersebut masih OK lah , tetapi semua Provider Internet tidak pernah akan manteng di 100% service nya pasti suatu saat akan ada penurunan atau lagi ada masalah. Biasa kita lakukan dengan mereset modem (mematikan dan menyalakan kembali). Pernah mati total karena kabel kita ternyata di titik sambung tiang nya putus .

Saat Komplain ke My Republic, sampai sekarang ga pernah di jawab oleh orang, selalu di jawab dengan mesin penjawab. Begitu sudah memasukan permasalahan kita melalui mesin pejawab, lalu telepon di tutup, selang beberapa menit sudah mendapat notifikasi email & sms bahwa akan ada jadwal kunjungan Teknisi. Jika beruntung, Teknisi akan di jadwalkan mengecek besok pagi nya.

Proses perbaikan terhadap komplain cukup baik dan cepat, hari pertama komplain di terima, hari kedua/ketiga teknisi datang, hari keempat / kelima, layanan sudah kembali normal lagi.

Demikian sharing pengalaman saya memakai MyRepublic selama 6 bulan berjalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *