Menghindari Ukuran DOM yang Berlebihan Di WordPress

Bagian dari memilih pilihan tema yang baik di WordPress adalah menghindari ukuran DOM yang berlebihan. Sebelum Anda menginstal tema di situs web Anda, lakukan riset di situs web lain yang menggunakannya. Verifikasi kinerja situs web tersebut dengan PageSpeed ​​.

Performa pemuatan halaman web adalah salah satu faktor yang memengaruhi penentuan posisi SEO yang baik. Dan ini adalah topik di mana ukuran DOM halaman sangat penting.

Saat situs web dinilai menggunakan alat kecepatan halaman seperti Google Page Speed ​​atau GTmetrix , kesalahan 'Hindari ukuran DOM yang berlebihan' ditampilkan. Jika Anda tidak terbiasa dengan kata tersebut dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Posting ini akan mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang menghindari ukuran DOM yang berlebihan di WordPress.

Apa itu DOM?

Browser mengubah dokumen HTML menjadi struktur seperti pohon, yang digunakan untuk merender dan melukis halaman menggunakan cascading style sheets (CSS) dan JavaScript. Struktur seperti pohon disebut Document Object Model.

Dalam istilah yang paling sederhana, ketika kita berbicara tentang DOM, yang kita maksud adalah struktur objek yang dibuat browser setiap kali halaman web dimuat.

Dengan kata lain, ketika browser menyajikan halaman kepada kita, ia membangun pohon objek berdasarkan struktur HTML halaman.

Hindari Ukuran DOM yang Berlebihan
Gambar Struktur DOM

Ini adalah sistem hierarkis yang terdiri dari berbagai hal, beberapa di antaranya bergantung pada yang lain. Karena ada objek utama yang menjadi sandaran item sekunder lainnya, strukturnya sebanding dengan pohon. DOM menggambarkan struktur HTML halaman sebagai pohon yang terdiri dari tag. 

Istilah penting terkait DOM

Node : Setiap elemen dalam DOM disebut sebagai node, atau meninggalkan sebuah pohon.
Kedalaman : Panjang cabang yang masuk ke dalam pohon disebut kedalaman.
Elemen Anak : Elemen anak adalah semua simpul dari simpul anak yang tidak bercabang lebih jauh.

Kriteria tertentu harus dilengkapi agar halaman situs web dapat ditandai “dibenderai”. Dalam kasus Google PageSpeed, misalnya, kondisi berikut diperiksa:

  • Jika ada lebih dari 1.500 node secara total,
  • Jika ada lebih dari 32 node di kedalaman,
  • Jika ada lebih dari 60 node di node induk,

Bagaimana kinerja situs web dipengaruhi oleh ukuran DOM?

Semakin besar jumlah ukuran DOM, semakin negatif dampaknya:

Analisis dan waktu rendering yang lebih tinggi : Ukuran pohon DOM meningkatkan beban browser. Ini karena kebutuhan browser untuk mengurai HTML, merender pohon DOM, dan sebagainya. Frekuensi komputasi yang dilakukan ditentukan oleh interaksi pengguna dan perubahan dalam struktur HTML.

Peningkatan penggunaan memori : Kode JavaScript mungkin memiliki fungsi untuk mengakses elemen DOM, dan jika ukuran pohon DOM besar, JavaScript memproses skrip menggunakan lebih banyak memori. Pemilih kueri seperti document.queryselectorAll('img'), misalnya, mencantumkan semua gambar yang biasanya digunakan oleh pustaka pemuatan lambat.

Saya meningkatkan TTFB : DOM yang lebih besar menunjukkan dokumen yang lebih besar (dalam Kbs). Akibatnya, seiring bertambahnya jumlah data yang akan dibawa melintasi jaringan, demikian pula waktu yang diperlukan untuk mengangkut byte pertama.

Jumlah data yang ditransfer : Pohon DOM besar sering kali berisi simpul yang awalnya tidak terlihat. Ini meningkatkan jumlah data yang harus dibayar pengguna Anda dan memperlambat waktu buka situs web.

Mengapa ukuran DOM yang berlebihan muncul?

DOM besar, seperti yang telah dibahas sebelumnya, dapat berdampak signifikan pada kecepatan halaman, dan Anda mungkin tidak menyadarinya. Meskipun kode HTML di halaman Anda tampak rapi, JavaScript, AJAX, dan elemen lain mungkin berkontribusi pada DOM.

Anda harus memperhatikan dengan cermat jumlah elemen yang Anda gunakan jika Anda membuat situs web dengan Elementor (yang digunakan oleh 4 juta situs web). Karena banyaknya div yang digunakan oleh pembuat halaman untuk mengaktifkan efek dan animasi, DOM dapat dengan cepat menjadi membengkak.

Komputer dan browser modern mampu menangani ini, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu diingat karena item yang tidak perlu akan membuat situs membengkak dan waktu pemuatan menjadi lambat.

Bagaimana Anda menghindari ukuran DOM yang berlebihan?

Membuat pilihan tema yang sesuai adalah bagian dari menghindari ukuran DOM yang berlebihan di WordPress. Sebelum Anda menginstal tema di situs Anda, lakukan riset di situs web lain yang menggunakannya. Periksa kinerja situs web tertentu dengan PageSpeed.

Di WordPress, ada berbagai metode untuk meminimalkan ukuran DOM:

  1. Membagi halaman besar menjadi beberapa halaman
  2. CSS tidak boleh digunakan untuk menyembunyikan elemen yang tidak diinginkan
  3. Jangan gunakan plugin yang tidak dikodekan dengan baik
  4. Hapus elemen yang tidak dibutuhkan dari tema WordPress default
  5. Gunakan versi terbaru pembuat halaman Anda
Membagi halaman besar menjadi beberapa halaman

Apakah Anda memiliki satu halaman yang menampilkan semua konten situs Anda? Formulir kontak, entri blog, merchandise, dan sebagainya.

Dalam situasi itu, lebih baik untuk mengatur semua elemen tersebut ke dalam halaman terpisah dan menautkannya bersama menggunakan bilah navigasi.

CSS tidak boleh digunakan untuk menyembunyikan elemen yang tidak diinginkan.

Menggunakan display:none;untuk menyembunyikan item di CSS tidak menghapusnya dari markup HTML, meninggalkan pengunjung dengan elemen yang tidak diinginkan.

Jangan gunakan plugin yang tidak dikodekan dengan baik.

Beberapa pengembang menghemat waktu dengan tidak mengoptimalkan plugin mereka, yang mengakibatkan peningkatan jumlah item di halaman Anda. Anda dapat membandingkan beberapa plugin yang melakukan hal yang sama untuk menemukan mana yang memiliki dampak terkecil pada PageSpeed ​​situs Anda.

Hapus elemen yang tidak dibutuhkan dari tema WordPress default.

Komponen tertentu yang disertakan dengan tema WordPress Anda secara default, seperti tombol “Tambahkan ke Keranjang” pada halaman produk, tanggal publikasi, informasi penulis, dan sebagainya, mungkin perlu dihapus dalam beberapa situasi.

Jika tidak ada opsi untuk menghapus item tersebut dalam konfigurasi tema WordPress, cari kode PHP yang sesuai untuk menghapusnya.

Gunakan versi terbaru pembuat halaman Anda.

Jika Anda menggunakan pembuat halaman, ketahuilah bahwa PageSpeed ​​akan memperingatkan Anda karena memiliki ukuran DOM yang besar. Jika Anda menggunakan pembuat laman, buat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan struktur DOM situs web Anda.

Bagaimana Anda dapat menghindari ukuran DOM yang berlebihan secara teknis?

Anda harus menghilangkan semua elemen HTML yang tidak diperlukan untuk menghindari ukuran DOM yang berlebihan dan memastikan bahwa kinerja web tidak terganggu. Seperti yang telah kita lihat, jika kita tidak mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, halaman akan melambat karena berbagai alasan.

Jawaban sederhananya adalah "hapus elemen berlebih" dan "gabungkan beberapa elemen menjadi satu". 

Misalnya, Anda dapat membuat perubahan di: 

<div id="nav-element">
    <ul>
        example
    </ul>
</div>

Ke dalam:

<ul id="nav-element">
    example
</ul>

Namun, di WordPress, ini sedikit lebih menantang karena Anda tidak selalu memiliki akses ke HTML mentah yang diperlukan. Sebaliknya, Anda harus menerapkan tindakan pencegahan.

Anda dapat mengakses kode HTML dengan memilih "Edit sebagai HTML" di menu opsi

hindari ukuran DOM yang berlebihan

Bersambung...

Bagaimana Cara Update Cyber Panel ke Versi Terbaru

Pada tulisan sebelum nya, kita sudah membahas memilih VPS dengan Cyber Panel, Cyber Panel adalah Control Panel untuk Web Hosting yang didukung oleh OpenLiteSpeed.

Saat pertama kali memakai VPS dengan Control Panel ini, kita terima default install dari penyedia VPS, dan versi Cyber Panel yang di install bukan dengan Versi yang terakhir. Seperti kita beli Komputer dari toko yang sudah di install Windows, tetapi Windowsnya belum update ke versi yang terakhir. Jadi kita perlu melakukan update oleh kita sendiri.

Bagaimana cara mengetahui control panel web hosting kita menggunakan versi berapa?

  1. Kita masuk ke akun Root (admin) kita,
  2. Lalu pada dashboard ada menu Version Managemen , klik
  3. Akan tampil Versi berapa yang kita pakai, dan apakah ada Versi terbaru yang lebih update lagi

Jika versi yang kita punya lebih kecil dari versi terakhirnya, berarti saat nya kita melakukan updatnya. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan : lewat Cloud atau manual melalui terminal SSH

A. Update lewat Cloud

Pada akun root, di menu Admin , di bawah Version Management terdapat menu connect. Klik menu Connect tersebut maka kita akan di arahkan login ke Cloud Cyber Panel. Jika kita belum punya akun nya, silahkan daftar.. kalo sudah punya akun lanjut masukin login akun nya. Setelah Login silahkan cari menu Upgrade, nanti kita diarahkan untuk update.

Jika update secara cloud tidak bisa, kita lanjut ke update melalui terminal SSH.

B. Melalui Terminal SSH

Update versi melalui terminal, pertama kita masuk ke Dashboard Utama

masuk dari sini

Lalu pilih tab SSH , nanti di minta memasukan password , lalu masukan perinta ini :

sudo su –

Fungsi code ini untuk membuat terminal berada di root access.

setelah berada di root access, lalu lanjutkan mengetik perintah ini

<(curl https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh || wget -O – https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh)

setelah di enter, maka terminal akan mejalankan perintah update, kita tunggu sampai selasai.

Demikian lah cara update Cyber Panel ke versi terbaru.

Pindah dari Share Hosting ke VPS

Mendevelop website sendiri telah di mulai sejak 15 tahun lalu, dengan belajar secara otodidak di salah satu forum kasak kusuk yang terkenal di jaman nya. Jaman itu masih menggunakan template HTML, jadi masih bisa hanya ganti teks-teks nya saja sedangkan image dan disain lainnya mengikuti bawaan template. Setelah itu pakai hostingnya di cari yang gratisan seperti 000webhost atau sejenis sehingga mini biaya nya. maklum lah, di jaman itu selepas krisis moneter keuangan agak susah.

Berjalannya waktu, template HTML sudah di tinggalkan dan mulai beralih ke Joomla lalu wordpress. Karena itu sudah tidak bisa lagi pakai-pakai hosting yang gratisan, hosting yang ga jelas kapan up kapan down nya. Menggunakan hosting berbayar (share hosting) pada saat itu pakai yang murahan aja terasa sangat kecang, mulai mencoba dari penjual lokal yang setahun dibawah 100ribu, hingga hosting luar yg setahun nya sudah diatas 500ribu.

Tahun 2020 keatas, jumlah domain yang aktif dari seluruh dunia sudah lebih dari 1,5 Milyar Domain, sedangkan pada tahun 2010 hanya berjumlah 200juta domain aktif, dan pada awal 2010 cuma 17juta domain. Dalam 10 tahun peningkatan domain aktif rata sudah 10%. Jumlah domain yang di aktifkan berakibat kepada banyak nya website yang di host dalam 1 server. Jadi semakin lama 1 Share hosting bisa menyimpa lebih dari 500-1.000 website, belum lagi jika ada website yang mempunyai traffic tinggi hal ini akan membuat server kewalahan dalam menangai request yang banyak.

Akhirnya lelah juga mencari share hosting yang reliable, sepertinya sekarang di 2021 ini saat nya untuk beralih ke VPS. Kenapa harus VPS, karena VPS adalah suatu teknik membagi resource sebuah server menjadi beberapa vituar server, dan harganya hampir sama dengan harga share hosting dan lebih murah dari pada kita pakai dedicated hosting. Kalo di ibaratkan, Resource Server tersebut adalah sebuah kue, lalu kalo share hosting 1 kue tersebut di perebutkan ramai2, sapa yang makan duluan dia yang dapat, kalo yg terakhir ga kebagian ya udah ga makan. Sedangkan VPS, Kue nya tadi dibagi2, setiap orang mendapatkan potongan sesuai yang mereka butuhkan, jadi tidak berebutan.

Jika dulu pakai share hosting, kita dapat panel CPanel untuk mengelola hosting tersebut dan harga nya sudah termasuk pada harga sewa yang diberikan. Sedangkan pada VPS CPanel tidak free, dan harganya cukup lumayan. Tetapi teman teman jangan takun dan ragu, kita bisa menginstall Panel2 lain yang free yang hampir mirip2 dengan Cpanel. Untuk Pemula kaya saya, saya sarankan untuk memilih Cyberpanel sebagai alternatif dari Cpanel nya.

Pilihan VPS yang diambil adalah VPS dari ID*****host, pada saat pembelian dia yang paling murah dan lokasi server di Indonesia. Promo 50.000 / bulan.

Untuk Pemula, kita bisa pilih yang App Catalog. Disini kita tidak ditawari lagi virtualisasi mau menggunakan Linux versi apa atau dengan windows, kita cukup menentukan VPS mau di buat sebagai apa. Jika kita menyiapkan VPS untuk WordPress Hosting dan hanya untuk 1 domain, lebih baik pilih yang installan WordPress, tetapi jika nanti ingin menginstall beberapa WordPress dalam 1 VPS dan seteiap wordpress tersebut mempunyai panel masing2 , saya sarankan memilih Cyberpanel , atau jika mempunya dana berlebih bisa memilih CPanel dengan ada tambahan biaya lagi yang di tagihkan bulanan.

Setelah kita memilih Aplikasi nya nanti kita di arahkan untuk men-setting VPS tersebut dan panduan nya cukup jelas, bagi pemula tidak adak sulit untuk mengikuti dan menerapkan sampai VPS bisa benar benar di gunakan dan site WordPress kita bisa aktif.


Berikut nya kita akan bahas cara update Cyberpanel nya menjadi versi terbaru.

Mengatasi Wifi yang Sering di Bobol Maling WiFi

Menurut survey, orang Indonesia rata-rata membuka Internet baik itu dari Smartphone maupun PC sekitar 3 sampai 8 jam sehari, dan yang paling banyak di kunjungi adalah Youtube, Facebook dan Instagram. Kecenderungan membuka aplikasi ini, bagi sebagian orang akan membuat mereka membeli paket kuota internet yang cukup besar. Terkadang, kuota 5-10GB pun bisa habis dalam sehari, jika terus menerus browsing dan menonton video.

Kebutuhan kuota data yang banyak, tidak sejalan dengan budget untuk pembelian pulsa qouta internet, sehingga bagi sebagian orang-orang yang cerdas, mereka mencari cara bagaimana bisa mendapatkan internet gratis. Internet gratis bisa di dapat di cafe-cafe seperti coffe shop, mereka menyediakan wifi gratis bagi pelanggan di cafe mereka agar mereka betah dan mau kembali lagi ke cafe tersebut. Ada juga wifi perkantoran yang free, sebenarnya diperuntukan untuk karyawannya agar mudah mendapatkan akese wifi di kantor, tetapi sinyal bisa di dapat dari luar area perkantoran tersebut. atau numpang wifi RPTRA juga bisa, masih legal karena status wifi nya open. Tetapi ada yang lebih hebat lagi, adalah yang niat banget untuk ngehack alias ngebobol wifi orang yg udah dipassword.

Disini tidak membahas bagaimana membobol nya, tapi bagaimana WiFi kita tidak kecolongan lagi dipakai oleh orang-orang yang tidak dikenal, masuk sembarangan di jaringan kita dan mengambil bandwith yang cukup besar buat mereka browsing-browsing dan Youtube-an atau Instagram-an. Mudah kita kenali jika ada beberapa orang yang sering nongkrong di depan rumah kita, terus mereka pada fokus pada hape nya saja dan internet di tempat kita sudah mulai terasa lemot, bisa jadi mereka adalah para hijacker wifi kita. Sudah saat nya kita melindungi hak properti kita dari tangan-tangan jahil tersebut.

Berikut cara-cara mengatasi nya:

  1. Mengganti Password bawaan pabrik untuk modem router anda
    Gunakan password yang unik dan susah di tebak, semakin panjang dan variasi nya acak para pembobol akan semakin susah meretas nya.
  2. Ganti nama SSID Router yang default dari pabrikan, dan jika memungkinkan, buat SSID nya menjadi hidden.
    Dengan membuat SSID tidak di broadcast maka alat penerima seperti handphone saat men-scan wifi di area router tidak dapat menditeksi nya (terlihat seperti tidak ada wifi)
  3. Gunakan login enkripsi untuk WiFI dengan WPA2
    Semakin sulit enkripsi password wifi , semakin sulit mereka membobol jaringan WiFi kita.
  4. Matikan fitur WPS
    Fitur ini dapat membuat perangkat yang kita punya lebih cepat, karena kita cukup memasukan pin yang sudah kita ketahui untuk bisa terkoneksi dengan Router dan mendapat akses WiFi.
  5. Mengaktifkan MAC Filtering
    Dengan mengaktifkan ini, berarti Router di paksa hanya melakukan koneksi kepada nomor MAC yang sudah terdaftar di settingan router tersebut. Selain nomor yang terdaftar tidak akan bisa konek ke router.
  6. Untuk Monitoring secara real time, jika Router yang kita punya masih belum punya aplikasi khusus yang bisa monitoring realtime kita bisa menggunakan aplikasi Blok Wifi FreeLoader. Jika kita punya router yang canggihan dikit, biasanya sudah di sematkan aplikasi dari android yang bisa terhubung langsung ke router kita. Jika alat yang baru saja mengakses jaringan WiFi kita, maka aplikasi tersebut langsung menginformsikan (push notification) sehingga kita bisa langsung mengecek siapa yang terhubung, dan bisa mengambil keputusan apakah user yang baru masuk tersebut akan kita blok atau di biarkan saja.

Semoga cara-cara ini bisa membantu teman-teman dalam melindungi WiFi kalian dari para pembobol pembobol WiFi. Jika ada pertanyaan bisa di berikan di kolom komen.

Merakit PC Desktop sesuai Tujuan dan Budget

Pada era digital di saat ini, semua orang rata-rata sudah memegang Handphone dengan model Smart Phone, dan bagi yang super sibuk dan sering mobile mereka di lengkapi dengan Laptop sehingga kebutuhan akan pekerjaan bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja. Laptop sebagaimana mobile nya, tentu nya punya beberapa keterbatasan terkadang kita tetap membutuhkan PC desktop untuk mengerjakan sesuatu yang power full seperti main game ataupun desain dan editing.

Untuk memulai merakit PC kita harus mempunyai tujuan PC apa yang akan kita bangun, dan kira-kira spesifikasi yang kita inginkan ada di bottom, middle, atau top. Spesifikasi tersebut akan mempengaruhi budget yang akan dihabiskan dalam merakit. JIka PC yang akan dirakit hanya untuk mengerjakan pekerjaan Office dan Administasi tentunya bisa kita rakit dengan spek yang low saja, tidak usah sampe boros resource seperti menggunakan processor i7 yang harganya diatas 3 juta, tetapi cukup dengan menggunakan processor i3 atau jika punya budget lebih bisa di up ke i5. Berikut kita buatkan tabel nya:

Spek Low
Tujuan untuk Office dan Adminstrasi

Proc I3 (include VGA)
Mobo Mini ATX
Ram 4-8 GB
HDD 500GB
VGA Ga Perlu
PSU 300watt

Spek Middle
Tujuan untuk Desain Grafis dan Game Ringan

Proc I5
Mobo Micro ATX
Ram 8-16 GB
HDD 256GB SSD
VGA Seri GTX
PSU 500watt

Spek High
Tujuan untuk Desain 3D, Video Editing dan Game - Game berat lainya

Proc I7
Mobo ATX
Ram Minimum 16 GB
HDD 1TB NVME
VGA Seri RTX (minimal 2)
PSU 750watt

Tabel diatas merupakan gambaran umum untuk spesifikasi PC rakitan sesui dengan kelas nya, jika mau detailkan lagi bisa banyak perinciannya seperti ram ada yang low latency khusus untuk game, processor ada yang khusus bisa diovercloak, dan lain sebagainya. Semakin tinggi spesifikasi, semakin ringan dan smooth PC bekerja, Jika kita menggunakan spek High untuk pekerjaan Office dan Administrasi tentu nya akan kita dapatkan performa yang sangat menakjubkan, semua akan terasa smooth dan cepat tanpa ada lag waktu dalam membuka dan mengoperasikan program-program nya. Tetapi jika spek low kita gunakan untuk mengedit video dan main game yang berat, tetap bisa di proses hanya saja kita akan mengalami program yang saat kita buka lama loading nya, saat memproses task lama, dsb nya.

Pertama kita tentukan dulu Processor yang akan kita gunakan, Processor ada 2 Vendor utama yaitu Intel dan AMD. Secara Umum kedua processor ini pada masing-masing kelas nya sama dan mempunyai kelebihan dan kekurangan nya. Processor intel mempunyai keunggulan di effisiensi nya sedangkan AMD mempunyai keunggulan di Core dan Clock nya sehingga AMD akan lebih boros mengkonsumsi daya dan lebih cepat panas. Pilih lah Processor dengan teknologi terakhir, seperti pada saat ini Intel sudah sampai generasi 9th dan pastikan jenis socket processor nya. Yang paling umum adalah Processor intel generasi 9th dengan socket 1151. Dan mulai pertengahan 2020, Intel sudah merelease processor generasi ke 10th dengan socket yang berbeda dengan generasi ke 9th yaitu memakai socket 1200.

Electronic collection - Installing modern computer processor (CPU) in motherboard

Tentunya generasi terbaru mempunyai tingkat efisiensi dan performa yang lebih baik dari generasi sebelum nya, tetapi pasti harus di tebus dengan harga yang lebih mahal. Diseberang sana ada processor besutan AMD yang siap untuk di pinang juga, alasan para pengguna AMD karena mereka mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan versi Intel nya dengan performa yang hampir sama terkadang di beberapa seri malah lebih baik AMD. Hanya saja harga yang murah perlu di tebus dengan menggunakan pendingin processor yang harus lebih bagus dan PSU yang besar.

Low Spec Processor
Intel i3
atau
AMD Ryzen 3

Mid Spec Processor
Intel i5
atau
AMD Ryzen 5

High Spec Processor
Intel i7
atau
AMD Ryzen 7

Intel i9
atau
AMD Ryzen 9

Kedua Motherboard, motherboard adalah tempat dimana semua komponen-komponen PC di tempatkan atau terhubung. Memilih Motherboard harus sesuai dengan Socket Processor yang kita pilih, seperti yang dijelaskan sebelum nya. Jika kita memilih Processor Intel generasi 8th dan 9th umum nya memakai socket 1151, sedangkan jika menggunakan processor intel generasi ke 10th di perlukan motherboard socket 1200. Untuk Processor AMD terbaru menggunakan socket AM4. Motherboard juga mempunyai beberapa ukuran dan di kelompokan ke dalam 3 :

  1. ATX
  2. Micro ATX
  3. Mini ATX

Setiap jenis motherboard mempunyai tujuan nya sendiri, jika kita ibaratkan ATX di peruntukan untuk komputer dengan spesifikasi HIgh End, karena banyak nya slot expansion PCIe yg di bisa di pergunakan untuk menanam Graphic Card atau Sound Card, bisa 4 sampai 6 slot. Sedangkan micro ATX mempunyai ekspansi slot PCIe nya cuma 2 sampai 4, dan yang mini-ITX cuma ada 1 slot dan slot ram nya hanya 2. Jadi jika kita ingin merakit komputer hanya untuk keperluan office dan administrasi saja dan tidak ada ke inginan untuk melakukan upgrade komponen di kemudian hari, kita bisa menggunakan Mini-ITX, atau bisa menggunakan micro-ATX.

Jadi untuk Motherboard, yang perlu di perhatikan adalah :

  1. Socket Processor yang akan di gunakan
  2. Ram yang akan digunakan seberapa besar
  3. Jumlah VGA Card yang akan di gunakan
  4. Rencana upgrade di kemudian hari.

Untuk Motherboard juga ada generasi nya seperti processor, hal ini lebih dikenal dengan nama chipset motherboar, semakin baru chipset nya, semakin tinggi seriesnya, semakin mahal harganya. Jika ingin merakit PC low spec, kita tidak perlu menggunakan chipset yang terbaru dengan harga yang mahal cukup yang murah saja, karena sudah mumpuni dan tidak membuang uang untuk resource yang tidak terpakai. Tapi kalau untuk Gamer, silahkan di beli sesuai dengan budget agar dapat performa maksimum dalam bermain game.

Ketiga RAM, Ram bagi orang awam lebih di kenal dengan kata Memory yang memang benar singkatan dari Ram adalah Random Access Memory. Fungsi dari Ram adalah sebagai media penyimpanan sementara ketika program pada komputer bekerja, semakin besar RAM disematkan, semakin tinggi performa komputer. Dengan Ram yang besar, kita dapat dengan mudah bekerja dengan multi program dengan kata lain membuka beberapa windows sekaligus tanpa harus merasakan lag.

perbedaan DDR 3 dengan DDR 4

Jenis Ram yang ada dipasaran umumnya ada DDR 3 dan DDR 4. Ram DDR 3 digunakan pada komputer-komputer generasi sebelum nya, sedangkan DDR 4 dipakai pada komputer-komputer sekarang. Harap di perhatikan dalam membeli RAM , harus sesuai dengan Motherboard yang dipakai. Tetapi untuk saat ini lebih baik menggunakan Motherboard yang menggunakan DDR 4 dan menggunakan RAM DDR 4.

Seperti di infokan pada tabel awal, jumlah minimum ram

  • Low Spek PC membutuhkan RAM 4-8 GB
  • Mid Spek PC membutuhkan RAM 9-16GB
  • High Spek PC membutuhkan RAM diatas 16GB

Keempat Hard Disk Drive (HDD) , fungsi dari HDD adalah untuk menyimpan semua data dan program komputer, Hardisk yang umum ada ukuran 3,5" , dan 2,5". Hard disk berisi piringan cakram untuk menyimpan data, kapasitas yang beredar di pasaran sekarang ada 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB dan diatas 2TB pun ada. Pada HDD model disk cakram, terdapat chace atau memori yang fungsi nya sebagai tempat penampungan data sementara sebelum di write / read ke hard disk. Selain chace ada juga speed rotation nya, hardisk biasa mempunyai speed rotation 5400rpm, dan hard disk untuk performa tinggi mempunyai speed 7200rpm. Pada saat ini, teknologi hard disk sudah berkembang, yang dahulu memakai piringan cakram untuk menyimpan data, sekarang memakai Chip Memori dan di kenal dengan nama SSD (solid state disk). Kelebihan SSD mempunyai speed read write yang cukup tinggi, karena tidak memerlukan alat mekanik sebagai motor penggerak head pada hard disk sebelum nya. menurut pengalaman saya, jika loading windows dari booting sampe login membutuhkan waktu sekitar 1 menit dengan menggunakan hard disk piringan cakram, tetapi jika dengan SSD , waktu loading dari booting sampe login, tidak sampai 15 detik.

Jika kalian ingin merakit komputer, hard disk bisa di sesuaikan dengan kebutuhan budget. untuk komputer Office, Hard disk biasa dengan speed 5400 rpm sudah cukup, kapasitas 512GB juga sudah sangat memadai. Tapi kalo untuk buat Gaming dan Desain dan Editing saya menyarankan memakai hardisk SSD agar didapatkan performa yang lebih baik.

Kelima VGA Card, Untuk bagian ini bisa di perlukan bisa juga ga, Untuk beberapa processor sudah di benamkan VGA, sehingga kita tidak perlu lagi menambahkan VGA card dan langsung menggunakan port VGA yang ada di motherboard. Tetapi untuk processor yang dikhususkan buat overclock/gaming tidak di benamkan VGA ke dalam processor nya, biasanya di tandai dengan series xxxK di bagian belakang seri nya.

Produsen chipset VGA terbesar ada 2 , NVIDIA dan AMD . Untuk kedua nya mempunyai plus minus di beberapa benchmark, di sebagaian series VGA NVIDIA lebih unggul di lain benchmark AMD VGA lebih unggul. Pilihan VGA mana yang akan di gunakan kembali kepada preferensi nya. Terlepas dari itu semua beberapa hasil test menunjukan NVIDIA unggul di VGA Card kelas High end, sedangkan AMD bersaing kuat di kelas Menengah baik dari harga dan performa.

Keenam Power Suply, Setelah komponen utama PC sudah kita tetapkan Processor, Motherboard, RAM dan Harddisk, terakhir yg kita butuhkan adalah Power Supply nya (PSU) dan Casing nya. Banyak produsen casing sudah menyertakan PSU didalam casing nys, sebut saja seperti SIMBADDA, Power Logic dan Dazumba. Sekarang pertama- tama kita menghitung kebutuhan power supply.

  • Processor
    untuk processor dibutuhkan power 60-120 watt, tergantung spesifikasi nya, untuk lebih detil nya bisa di lihat dari datasheet TDP processor yang dibutuhkan, sebagai contoh kita ambil data sheet dari i3 generari 8th membutuhkan daya 90watt, sedangkan Ryzen 3 membutuhkan daya 65 watt.
  • RAM yang dipasang berapa keping
    Satu keping RAM 4 GB membutuhkan kurang lebih sebesar 2-4 watt dan ram diatas 8GB perkepingnya membutuhkan daya diatas 5watt. Jadi jika kita pakai RAM 2 keping 8GB maka kebutuhan power nya sekitar 5w x2 = 10w.
  • Hard disk
    Untuk Hard disk Cakram 3,5" nya sebesar 5-10w
    Untuk Hard disk Cakram 2,5' nya sebesar 2-5w
    Sedangkan untuk Hardisk SSD nya sebear 1-3w
  • Motherboard
    Motherboard membutuhkan daya sekitar 40-80w

Untuk lebih detil tentang perhitungan daya yang dibutuhkan, bisa di simulasikan di web ini : https://pc-builds.com/psu/ . Kita tinggal masukan saja komponen-komponen pc apa yang akan kita gunakan dan tekan tombol calculate, akan keluar berapa total daya yang dibutuhkan.

Ukuran PSU variari mulai 250watt sampai diatas 1000watt, dan PSU - PSU kelas menengah mempunyai sertifikat effisiensi faktor diatas 80%, semakin tinggi tingkatan sertifikat 80plus yang di sematkan, semakin stabil daya yang di keluarkan oleh PSU tersebut. Bisa dilihat di tabel diatas untuk tingkatan-tingkatan PSU dengan sertifikat 80Plus.

Selain hal-hal diatas, aksesoris PC juga ada yang wajib di butuhkan dan ada juga yang tidak perlu ditambahakan PC sudah bisa beroperasi, seperti Keyboard dan Mouse, WIFi adapter, Monitor, UPS, DVD ROM.

Demikianlah pengenalan dasar komponen-komponen PC yang harus ada supaya PC bisa di gunakan sebagai mana mestinya. Perlu di perhatikan adalah Tujuan kita membangun PC untuk apa, jangan sampai PC yang kita bangun, malah menjadi over resource dan membuang uang .

Jika ada dari pembaca yang masih belum mengerti atau meminta saran, bisa menulis komen dan jika saya mengerti akan saya usahakan jawab.

1 2 3 4
Copyright © 2022 All Rights Reserved
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram